Kamis, 26 Mei 2016

Museum Gunung Merapi Kaliurang, Tiket Masuk Museum Merapi


Museum Gunung Merapi Kaliurang berada di lereng Selatan Gunung Merapi. Museum Gunung Merapi ini diresmikan pada anggal 1 Oktober 2009 oleh Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bapak Purnomo Yusgiantoro. Museum Merapi Kaliurang dibangun dengan tjuan sebagai wahana pendidikan, wahana konservasi berkelanjutan serta pengembangan ilmu tentang bencana Gunung Merapi, gempa bumi, dan bencana lainnya. Oleh sebab itu Museum Gunung Api Merapi ini digadang menjadi geo-wisata di DIY.

Museum Gunung Api Merapi Kaliurang ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif sebagai sarana yang sangat penting dan potensial sebagai pusat layanan informasi kegunungapian dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat, serta sebagai media dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat tentang manfaat dan ancaman bahaya letusan gunung api serta bencana geologi lainnya.
Museum Volcano Merapi ini memang diciptakan sebagai media pembelajaran antara lain terdapat maket gunung merapi yang terus menerus mengelurkan asap dan magma, foto- foto dokumentari mengenai erupsi gunug merapi dan alat- alat peraga fenomena gunung merapi, alat- alat yang digunakan pos pengamat gunung merapi yang sudah tidak terpakai lagi, koleksi puing – puing yang dihasilkan dari terjangan awan panas. Wisata di Kaliurang tentunya jangan lupa juga Outbound di Jogja Kaliurang.

Lokasi Museum Merapi ini berada di kawasan lereng Merapi, tepatnya di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.
Tiket Masuk Museum Merapi ini Rp 3000,- untuk dewasa, Rp 2000 untuk anak-anak, dan Rp. 5000 tiket film. Jam Buka Museum Gunung Merapi yaitu setiap hari Selasa s/d Minggu (kecuali hari Senin) jam 08.30 - 15.30 WIB.

Rute Menuju Museum Merapi sangat mudah. dari arah Yogyakarta, silahkan menyusuri Jalan Kaliurang, kurang lebih 20 km perjalanan belok ke arah kiri dan ikuti jalan menuju obyek wisata Kaliurang dari pintu masuk sebelah barat (Jalan Boyong). Anda akan menemukan gerbang masuk kawasan wisata Kaliurang silahkan belok ke kanan, Museum Gunung Merapi terletak persis di ujung jalan tersebut.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites