Jumat, 13 Mei 2016

Embung Batara Sriten Gunung Kidul, Rute Embung Sriten



Embung Sriten Gunungkidul merupakan salah satu wisata Gunungkidul yang baru dikembangkan dan biasa dikenal dengan Embung Batara Sriten . Embung Sriten ini merupakan embung tertinggi se-Yogyakarta dan bahkan se-Jawa Tengah.
Embung Sriten Wonosari diproyeksikan sebagai agrowisata kebun buah diataranya manggis dan kelengkeng di perbukitan Baturagung utara yaitu gunung yang merupakan puncak tertinggi di Gunungkidul atau puncak tugu magir dengan ketinggian sekitar  896 mdpl. Menikmati pesona Embung Sriten Pilangrejo di atas awan dan pemandangan yang luar biasa indah dengan view 360° kawasan persawahan, perkampungan, perbukitan, dan beberapa wilayah di bawahnya seperti Klaten, Rawa Jombor, Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Sleman, Gunungkidul, Yogyakarta dsb. Anda bisa berpindah dari bukit satu ke bukit yang lain dengan berjalan kaki karena beberapa diantaranya berdekatan dan berhubungan.

Cara menikmati keindahan pemandangan Embung Batara Sriten Gunungkidul ini sangat banyak, bisa duduk – duduk di gazebo atau pendopo yang ada di sekitar embung, hingga duduk di atas pohon terbesar di embung ini. Bisa juga dengan memilih di atas pohon karena lebih teduh dan dapat menikmati pemandangan dari berbagai sisi. Tentu nongkrong semacam ini tak lengkap rasanya bila tak ada minuman atau sekedar snack ringan, jangan khawatir karena ada beberapa warung kaki lima yang sengaja buka untuk memenuhi kebutuhan pengunjung Embung Sriten .

Lokasi Embung Sriten ini berada di Desa Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul. Letaknya di sebelah Utara kota Wonosari, Ibukota Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya lokasinya berada di Koordinat GPS  S7°49’56” E110°37’54”.
Berikut Jalan Menuju Embung Sriten beserta Rute Embung Sriten yang harus dilalui :
Jogja » Jl. Wonosari » Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Pertigaan Sambipitu ke kiri menuju arah Nglipar » Perkebunan Hutan Kayu Putih » Pertigaan sebelum Pasar Nglipar ke kiri » Jalan Nglipar-Ngawen » Kedungpoh » Pertigaan timur Kantor Kepala Desa Pilangrejo tepatnya Jl. Nglipar-Ngawen Km. 6,5 ke kiri » ikuti jalan aspal dan cor blok sambil lihat penunjuk arah ke Embung Batara Sriten dan Perbukitan Baturagung (Puncak Tertinggi Gunungkidul).




Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites