Senin, 25 Juli 2016

Harga Tiwul Yutum, Gatot Tiwul Yu Tum

Tiwul Yu Tum Gunungkidul dahulu menjadi makanan pokok warga Gunungkidul di era penjajahan Jepang. Namun kini Tiwul Gunungkidul berganti posisi menjadi kudapan atau jajanan pasar.
Ibu Tumirah merupakan salah satu penjual Tiwul legendaris yang dikenal dengan Yu Tum. Gatot Tiwul Yu Tum ini sudah ada sejak tahun 1985. Kini Tiwul Instant Yu Tum yang dahulu diidentikan dengan 'makanan orang desa' kini menjelma  menjadi oleh-oleh yang paling dicari wistawan ketika berkunjung ke Gunung Kidul.

Tiwul Yu Tum yang kini menjadi oleh-oleh khas Gunung Kidul berasal dari ketela pohon yang dikeringkan menjadi gaplek kemudian ditumbuk hingga hancur, lalu dikukus. Tiwul Gunungkidul ini bisa dinikmati dengan pendamping setianya yakni parutan kelapa dan bisa juga Tiwul Wonosari disajikan bersama sambal bawang dan sayur lombok ijo. Lauk gathot dan belalang goreng khas Gunungkidul pun bisa jadi alternatif pilihan. Semuanya tersedia di tempat Yu Tum. Sangat cocok bila anda berbelanja saat outing di jogja. Ada juga thiwul rasa keju dan coklat yang harus dipesan terlebih dahulu untuk bisa mencicipnya.

Yu Tum kini memiliki 3 gerai yang semuanya ditangani oleh mantunya. Alamat Tiwul Yu Tum yang dijadikan gerai sekaligus dapur terletak di Jalan Pramuka no.36, sebelah Balai Desa Wonosari. Di ketiga gerai ini pengunjung juga bisa menemukan beberapa makanan lain yang siap dibeli yakni gathot, keripik, dan gethuk goreng. Harga Tiwul Yu Tum bervariasi antara Rp 5.000 - Rp 15.000 untuk kemasan besek (kardus dari anyaman bambu) dan Rp. 45.000 untuk tumpeng tiwul.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites