Sabtu, 04 Juni 2016

Wisata Benteng Vredeburg Jogja, Alamat Benteng Vredeburg Jogja



Wisata Benteng Vredeburg Jogja merupakan salah satu bangunan bersejarah pada jaman penjajahan Belanda yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I atas permintaan dari pemerintah Belanda pada tahun 1760. Benteng Vredeburg Yogyakarta semula bernama "Benteng Rustenburg" yang mempunyai arti "Benteng Peristirahatan". Pada Tahun 1788 bangunan disempurnakan dan selanjutnya diganti namanya menjadi "Benteng Vredeburg" yang mempunyai arti "Benteng Perdamaian". Alamat Benteng Vredeburg Jogja ini berada di Jalan Ahmad Yani No.6, Yogyakarta. Bangunan yang terletak di ujung Jalan Malioboro ini merupakan satu saksi dari perjalanan sejarah perjuangan Yogyakarta menentang kolonialisme Belanda.


Benteng Vredeburg Jogja mengenai fungsi dan awal kegunaan Benteng Vredeburg ini di bangun adalah, agar Belanda dapat mudah memantau gerak-gerik Sultan. Karena pada waktu itu di dalam Benteng ada meriam yang mengarah ke Kraton Yogyakarta.
Selain sebagai peninggalan bersejarah, Benteng Vredeburg Yogyakarta juga digunakan sebagai museum di mana kita bisa belajar tentang sejarah Indonesia dalam bentuk diorama. Museum Benteng Vredeburg menyajikan diorama yang menceritakan tentang sejarah Indonesia. Selain itu, terdapat banyak lukisan dan gambar serta benda-benda peninggalan bersejarah pada jaman penjajahan Belanda. Kalau anda mau berkeliling benteng maka anda dapat menyewa sepeda Onthel dengan harga sangat terjangkau yaitu membayar 5.000 rupiah saja.

Fasilitas hotspot area, mushola, kantin, guest house, perpustakaan dan toko yang menjual souvenir khas Museum Benteng Vredeburg Jogja juga bisa dijumpai di museum ini. Tiket Masuk Benteng Vredeburg Jogja untuk wisatawan domestik Dewasa Rp 2.000 dan anak-anak Rp 1000 yang bisa mendapat harga setengahnya bila kunjungan dilakukan secara rombongan. Sedangkan tiket untuk wisatawan mancangera baik dewasa dan anak-anak Rp 10.000 baik perseorangan ataupun kelompok. Museum Benteng Vredeburg Buka Jam 07.30 - 16.00 Selasa - Minu dan pada hari Senin dan hari libur nasional tutup.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites