Jumat, 24 Juni 2016

Pasar Beringharjo Malioboro, Pasar Beringharjo Jam Buka

Pasar Beringharjo Malioboro sebagai pasar tertua dan terbesar menyediakan hampir semua kebutuhan sehari-hari. Pasar Beringharjo Jogja disebut sebagai salah satu pasar terindah di Jawa karena keberadaanya mempunyai nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan kraton Yogyakarta.
Pasar Beringharjo Yogya sebenarnya sebuah pasar transaksi tradisional lengkap yang di situ dijual berbagai kebutuhan pokok seperti sayur mayur, beras, buah buahan, perkakas rumah tangga, dan lain rupa. Namun citra masyarakat yang melekat adalah Pasar Beringharjo Yogyakarta adalah Pusat Belanja Batik karena itulah produk andalannya.
Sejarah Pasar Beringharjo yaitu berdiri pada tahun 1758 ketika Sultan Hamengku Buwono IX memperkenalkan sebuah tempat di pusat kota untuk warga memperjualbelikan apa yang mereka miliki. Seiring perkembangan zaman, Pasar Beringharjo Di Jogja dibangun secara permanen pada 1925. Pasar Beringharjo Trade Centre yang terus berkembang ini dibangun di atas tanah seluas 2,5 hektar dan mengalami rehabilitasi sebanyak dua kali pada tahun 1951 dan 1970. Seiring dengan perkembangan zaman dan pemerintahan, maka Pasar Beringharjo diambil alih oleh pemerintah kota Yogyakarta.
Pasar Beringharjo Buka Jam 05.00 dan tutup pada pukul 17.00 WIB.
asar Beringharjo saat ini merupakan pasar berskala nasional yang pada 2013 didapuk sebagai Pasar Terbaik Nasional yang terdiri dari empat lantai.
  1. Lantai 1: Koleksi batik yang lengkap,pakaian jadi, batik bahan sutra, chiffon sampai katun. Selain itu, ada juga blangkon, tas, sendal dengan motif batik.
  2. Lantai 2: Bahan dasar jamu dan rempah-rempah herbal.
  3. Lantai 3: Kerajinan antik.
  4.  Lantai 4: Kerajinan tangan yang menarik diantaranya tas anyaman, sandal etnik, dan perkakas tradisional. Selain itu, lantai ini terdapat pasar buah dan sayur mayur.
Transportasi Menuju Pasar Beringharjo
Penumpang KA, lebih baik turun di Stasiun Tugu lalu menuju Beringharjo dengan berjalan kaki melintas Jl Malioboro. Untuk pelancong yang turun di Terminal Bus Giwangan, bisa memanfaatkan Bus Kota atau Trans Jogja dengan trayek Jl Malioboro. Begitupun dari bandara. Tapi, bila ingin lebih mudah, bisa juga menggunakan taksi karena lokasi ini dipusat kota sehingga cukup terjangkau dari manapun.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites