Senin, 13 Juni 2016

suasana Taman Sari Jogja, Taman Sari Water Castle Yogyakarta


Taman Sari Jogja satu dari sekian banyak tempat wisata sejarah yang ada di Yogyakarta yang terletak di Jalan Taman, Yogyakarta. Taman Sari Water Castle Yogyakarta berada tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Taman Sari Istana Air Jogja dapat ditempuh 15 menit dari parkiran kendaraan yang ada di Ngabean. Taman Sari Yogyakarta ini dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Sedangkan sekarang Water Castle Taman Sari merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta dan dijadikan tempat wisata yang populer di Jogja.

Bangunan Taman Sari Yogyakarta mempunyai luas 10 hektar dan terdapat 57 bangunan, yang terdiri dari kompleks kolam pemandian, pulau buatan, danau, gantung, kanal air, taman, lorong bawah tanah, serta beberapa gedung dengan arsitektur Jawa, Eropa, China, Islam, Hindu,  dan Buddha. Pembangunan Taman Sari Di Yogyakarta ini dibiayai oleh Tumenggung Prawirosentiko Bupati Madiun dan menggunakan jasa Demang Tegis, seorang arsitek dari Portugis. Saat ini, luas Istana Air Taman Sari sudah berkurang drastis karena beberapa kompleksnya telah dijadikan pemukiman penduduk.

Istana Air Taman Sari Yogyakarta mempunyai 4 kompleks, yaitu:1. Danau buatan yang terletak di sebelah barat, 2. Pemandian Umbul Binangun, terletak di sebelah selatan danau buatan, 3. Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, terletak di sebelah selatan Umbul Binangun, 4. Bagian sebelah timur yang memanjang dari Pemandian Umbul Binangun sampai Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, merupakan danau dengan pulau buatan serta jembatan gantung dan kanal. Dari keempat kompleks yang ada di Taman Sari Yogyakarta, hanya Pemandian Umbul Binangun saja yang masih dalam keadaan utuh, sedangkan tiga bagian yang lain sudah menjadi perkampungan penduduk yang dulunya merupakan abdi dalam Keraton Yogyakarta.




Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites