Kamis, 16 Juni 2016

Waduk Sermo Jogja, Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta



Waduk Sermo Jogja merupakan satu objek wisata alam terkenal di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta berada di  deretan dataran tinggi di Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap yang berjarak sekitar 6 Km dari kota Wates Kulon Progo. Perjalanan menuju ke Waduk Sermo Yogyakarta dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Perjalanan ke Lokasi Wisata Waduk Sermo Jogja yang menanjak dan berkelok-kelok tentu akan mengasyikan.

Waduk Sermo Di Jogja ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996 dengan membendung Sungai Ngrancah. Sejak saat itu Waduk Sermo Kulon Progo Di Jogja menjadi sumber air utama bagi pertanian di daerah sekitarnya. Luas genangan air Waduk Sermo Di Yogyakarta menurut Pemkab Kulon Progo adalah kurang lebih 157 Ha dengan kondisi air yang masih jernih serta bentuknya berkelok-kelok. Waduk Sermo Kulon Progo Di Jogjakarta ini dapat menampung air 25 juta meter kubik dan dibangun selama dua tahun delapan bulan.

Lokasinya yang menghampar luas, membuat kawasan Waduk Sermo Jogja sebagai salah satu tujuan wisata alam yang tidak akan membosankan karena mempunyai hawa udaranya yang sejuk, serta keasrian dari deretan pepohonan liar.  Anda dapat berwisata di Waduk Sermo Kokap Kulon Progo Yogyakarta dengan berkeliling menggunakan perahu wisata atau berkendaraan melewati jalan lingkar aspal sepanjang 21 km atau bersantai saja di tepian Waduk Sermo Wates sambil menikmati suasana alam. Tak jarang di waduk ini akan kita temukan sejumlah orang yang tengah asik dengan perburuan memancing ikan. Memang Wisata Waduk Sermo Kulon Progo terkenal dengan banyaknya ikan nila, tetapi ada juga jenis ikan lain yang menghuni Waduk Sermo. Memancing di Wisata Waduk Sermo Jogja tidak dikenakan biaya alias gratis.


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites