Kamis, 26 Januari 2017

Agrowisata Salak Pondoh Turi Sleman



Salak Pondoh Turi Sleman merupakan salah satu jenis salak paling dicari karna jenis ini memiliki daging yang paling tebal sekaligus rasanya yang paling segar. Bagi sebagian orang salak merupakan buah yang ampuh menahan laju mencret. Namun oleh warga Turi, Sleman buah salak ini merupakan salah satu buah yang menjadi ciri khas bagi setiap pengunjung yang datang ke Jogja khususnya di Turi, Sleman.
Nama pondoh bukan merupakan sebuah daerah melainkan kebiasaan warga Turi menyebut salah di daerah ini yang rasanya manis dan tidak sepat seperti rasa calon manggar atau mayang kelapa. Jika musim panen, produksi salak pondoh melimpah dan banyak pedagang yang berjejer di jalanan menuju Turi. Namun saat salak jarang panen juga masih banyak ditemui pedagang di jalan.
Agrowisata Salak Pondoh Turi Sleman yang memiliki luas area 27ha. Jenis salak yang dibudidayakan antara lain alak pondoh super, salak pondoh kuning, salak pondoh hitam, salak bali, salak tanonjaya, salak semeru, salak gading, serta beberapa jenis salak lainnya.

Lokasi Agrowisata Salak Pondoh Sleman
Agrowisata salak pondoh ini terletak di Kampung Gadung, Desa Bangunkerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman atau sekitar ± 25 km ke arah utara Yogyakarta. Selain itu, kawasan agrowisata ini juga dapat ditempuh melalui jalan tembus Magelang – Solo di sisi utara Yogyakarta, yaitu jalan yang sama digunakan dimana ada rumah makan ‘Boyong Kalegan’.

Fasilitas Agrowisata Salak Pondoh Sleman
Fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung antara lain kolam renang, kolam rekreasi, kolam pemancingan, taman bunga, taman bermain, tempat pertemuan, jalan setapak, kios penjualan salak, dll.

Adapun bulan baik untuk berkunjung yakni pada bulan Mei - Juni dan bulan November - Desember. Namun jangan kuatir Anda juga bisa datang di luar bulan tersebut namnu buah salah hanya berukuran kecil.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites