Selasa, 19 April 2016

Tugu Yogyakarta, Tugu Jogja, Tugu Jogjakarta

Tugu Yogyakarta merupakan salah satu monumen yang juga biasanya digunakan sebagai penanda atau ikon kota yogyakarta, Tugu Jogja berada di perempatan antara jalan Jendral Sudirman Yogyakarta dan Jalan Margo Utomo Yogyakarta. Tugu Jogjakarta atau juga dikenal dengan nama Tugu Pal Putih ini sudah ada hampir 3 abad, dibangun pada Tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwana 1 pendiri Kraton Yogyakarta. 


Tugu Jogjakarta ini mempunyai nilai simbolis yang sangat besar dan juga mempunyai nilai magis sebagai penghubung antara Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, dan Pantai selatan yang mengarah satu garis lurus dari arah utara selatan, dipercayai dahulu Tugu Yogyakarta menjadi patokan pasti Sri Sultan Hamengkubuwana 1 disaat melakukan Meditasi menghadap kearah puncak Gunung Merapi yang tepat berada satu garis lurus di Utara Keraton Yogyakarta.
Selain saksi sejarah Keraton Yogyakarta, Tugu Yogya juga sekarang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengabadikan momen wisata ketika di Yogyakarta. wisatawan mulai berdatangan di Tugu Yogyakarta ketika senja tiba dan sampai dini hari dapat dilihat suasana keramaian disekitar Tugu Jogjakarta yang sedang berfoto-foto mengabadikan momen istimewa di Kota Yogyakarta.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites