Selasa, 01 November 2016

Wild Rescue Center, Jogja Wildlife Rescue Center

Kulon Progo memang menyimpang banyak potensi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, desa wisata, kuliner, wisata religi, adat dan tradisi, kerajinan, hingga wisata pendidikan semuanya ada di Kabupaten Kunlon Progo ini. Salah satu wisata pendidikan yang menarik ialah konservasi satwa liar bernama Wildlife Rescue Center. WRC Jogja berada dibawah manajemen Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta, yakni sebuah lembaga non profit & non pemerintahan yang bergerak di bidang konservasi satwa liar.
Jogja Wildlife Rescue Center terdapat banyak satwa liar hasil sitaan atas kepemilikan illegal dan perdagangan illegal satwa seperti orang utan, owa, dan siamang. Para satwa tersebut akan dirawat dan dilatih sebelum dilepaskan kembali ke alam. Tujuan lain Wildlife Rescue Center Yogyakarta yakni memberdayakan masyarakat sekitar dan bersosialisasi mengenai satwa liar. Ada ratusan satwa liar yang ditangkarkan di lahan seluas 14 ha. Salah satu fasilitas yang ada ialah orangudome, yakni semacam kubah (dome) untuk orang utan yang dibuat menyerupai hutan layaknya tempat tinggal mereka di hutan. Orang utan yang telah diobservasi nantinya akan ditempatkan di sini.
Untuk menunjang pemasukan atau biaya operasional demi kelangsungan satwa yang ada disini, WRC Jogja memiliki beberapa produk yang ditawarkan kepada masyarakat luas. Seperti penyewaan Ruang meeting, Outbound, High rope games, wisata edukasi, serta tempat praktikum dari berbagai universitas.

Rute Perjalanan

Rute untuk menuju ke lokasi Wildlife Rescue Center jika kamu start dari kota Jogja cukup mudah. Kota Jogja menuju arah barat – Jl. Godean lurus terus – Pasar Godean lurus – melewati jembatan Sungai Progo – Pasar Kenteng – Nanggulan – setelah itu tinggal ikuti saja papan petunjuk arah – Wildlife Rescue Center.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites