Selasa, 19 Juli 2016

Pantai Sadranan Snorkeling, Lokasi Pantai Sadranan Gunung Kidul

Pantai Sadranan Snorkeling kini menjadi aktivitas terbaru bagi para pecinta olahraga air satu ini. Lokasi Pantai Sadranan Gunung Kidul berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Pantai Sadranan Gunung Kidul merupakan salah satu dari puluhan pantai di Gunung Kidul yang digemari wisatawan. Pada ahkir pekan, biasanya Pantai Sadranan Jogja ini ramai pengunjung. Banyak anak muda yang berkemah dan menikmati api unggun di pinggir pantai berpasir putih. Ada pula yang hanya bermain air dan berfoto dengan background pantai dan beningnya lautan. Namun, saat ini Pantai Sadranan Wonosari menyediakan jasa penyewaan alat snorkling dimana waktu yang tepat saat snrokling di Pantai ini yakni saat air surut di pagi atau sore hari.

Disini bukan sekedar berwisata saja, Pantai Sadranan Wonosari Gunung Kidul juga merupakan tempat untuk mencari nafkah serta sarana untuk melakukan kegiatan yang bersifat religi.
Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja berasal dari kata 'nyadran' yaitu ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta lautan atas rezeki yang telah mereka dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah. Nyadran merupakan salah satu bentuk cara manusia mengingat kuasa-Nya melalui ciptaan-Nya; laut, sungai, gunung, langit, melalui apapun yang kita lihat dan sentuh, begitupun masyarakat sekitar pantai dengan melakukan nyadran melebur kembali ke dalam kuasa-Nya dengan penuh rasa syukur.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites