Senin, 18 Juli 2016

Lokasi Goa Selarong Yogyakarta, Goa Selarong Bantul


Lokasi Goa Selarong di Dukuh Kembang putihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Propinsi D.I. Yogyakarta. Goa Selarong Bantul merupakan tempat yang menjadi saksi sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajahan Belanda secara gerilya. Pada Lokasi Goa Selarong Pangeran Diponegoro menyusun taktik dan berdiskusi dengan para pengikutnya untuk melakukan serangan kepada Belanda. Peperangan yang terjadi antara Pangeran Diponegoro dan Belanda itu dikenal dengan nama Perang Jawa yang berlangsung selama lima tahun, yaitu pada tahun 1825 - 1830. Selama tinggal di Goa Selarong Yogyakarta. 

Perjalanan ke lokasi Goa Selarong Di Yogyakarta dimulai dengan menaiki sejumlah anak tangga yang curam yang jumlahnya ada puluhan. Setelah mencapai puncak tangga, pengunjung akan menemukan dua buah gua kecil di sebelah kanan dan kiri tangga. Goa yang berada di sebelah kanan tangga bernama Goa Putri. Goa ini dahulu kala merupakan tempat beristirahat Raden Ayu Ratnaningsih, istri Pangeran Diponegoro. Untuk sebelah kiri tangga terdapat gua bernama Goa Kakung atau berarti Goa laki-laki. Goa ini adalah tempat istirahat Pangeran Diponegoro. Dua buah goa ini berukuran kecil, dengan tinggi dan kedalaman goa sekitar 1,5 meter. Lebar Goa Putri lebih panjang daripada Goa Kakung, yaitu sekitar 3 meter, sedangkan lebar Goa Kakung adalah sekitar 2 meter. Masih di pelataran dua buah goa ini, Anda juga bisa melihat pemandangan dari sebuah gardu pandang sekitar atau untuk melihat air terjun yang juga berada di area obyek wisata tersebut.

selain gua, terdapat sumber air yang bernama Sendang Manik Maya. Sendang ini diyakini sebagai sumber mata air abadi yang dahulu digunakan oleh rombongan Pangeran Diponegoro untuk mandi dan bersuci. Tidak jauh dari Sendang Manik Maya, terdapat sebuah sumber mata air lainnya yang dikenal dengan nama Sendang Umbul Mulya. Sendang ini merupakan mata air untuk memasak dan mencuci. Goa Selarong juga dikenal sebagai obyek wisata religius. Para pelaku wisata religius biasanya melakukan ritual meditasi di Goa Selarong. Selain itu Goa Selarong juga menjadi tempat wisata budaya. Setiap satu tahun sekali di bulan Juli di Goa Selarong diadakan acara Grebeg Goa Selarong untuk mengenang waktu hijrahnya Pangeran Diponegoro ke Goa Selarong sekaligus sebagai peringatan hari jadi Kabupaten Bantul.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites