Selasa, 14 Juni 2016

Desa Wisata Kasongan, Gerabah Kasongan Bantul

Desa Wisata Kasongan merupakan sentra industri kerajinan gerabah atau yang leih dikenal Gerabah Kasongan Bantul. Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat atau tanah lempung. Alamat Desa Kasongan terletak di daerah dataran rendah bertanah gamping di Pedukuhan Kajen, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul.
Di Padukuhan seluas 49 hektar berpenduduk 1.556 jiwa tersebut, 95% warganya bermata pencaharian sebagai perajin gerabah, sedangkan sisanya petani dan Pegawai Negeri. Gerabah yang diproduksi warga Kasongan Bantul pada mulanya hanya berupa perkakas rumah tangga seperti kwali, cobek, anglo, keren (tungku untuk memasak dengan kayu bakar), dan perkakas lain. Seiring kemajuan Pasar Kasongan Bantul, variasi produk gerabah pun berkembang hingga ke gerabah-gerabah hias seperti guci, berbagai patung, meja kursi, dan berbagai hiasan lain.

Saat Berkunjung ke Kasongan Bantul Jogja pengunjung akan disambut dengan hangat oleh penduduk setempat. Pengunjung bisa melihat galeri keramik unik di sepanjang jalan yang menjual berbagai hiasan dan souvenir. Bentuk dan fungsinya pun sudah beraneka ragam, mulai dari asbak rokok kecil atau pot dan vas bunga yang berukuran besar, Barang hias pun tidak hanya yang memiliki fungsi, tetapi juga barang-barang hiasan dekorasi serta souvenir perkawinan. Salah satu produk yang cukup terkenal adalah sepasang patung pengantin dalam posisi duduk berdampingan. Patung ini dikenal dengan nama Loro Blonyo. Patung ini diadopsi dari sepasang patung pengantin milik Kraton Yogyakarta.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites