Jumat, 22 April 2016

Sandboarding Di Gumuk Pasir Parangkusumo, Letak Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangtritis / Gumuk Pasir Prangkusumo dalam istilah kerennya Sand Dunes Parangtritis merupakan tempat wisata yang kini digemari oleh wisatawan maupun warga Yogyakarta. Gumuk Pasir ini sangat unik karena terbentuk di daerah yang memiliki curah hujan cukup tingggi. Gumuk Pasir Parangkusumo Bantul ini merupakan satu-satunya Gumuk Pasir di Asia Tenggara. Gumuk Pasir ini hanya ada 2 di Dunia yaitu di Indonesia dan Meksiko. 

Gumuk Pasir Parangtritis Bantul / Gumuk Pasir Pantai Depok ini terbentuk melalui proses yang memakan waktu ribuan tahun. Pasir yang ada di gumuk pasir tersebut sebenarnya berasal dari material vulkanik Gunung Merapi. Material vulanik gunung api ini terbawa arus sungai Progo dan sungai Opak sampai ke muara. Kemudian, ombak samudera menghantamnya hingga ke daratan.
Gumuk Pasir Jogja ini terletak di jalur yang menghubungkan antara Pantai Parangtritis dengan Pantai Depok.

Belakangan ini, Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta ini makin ngehits sebagai tempat bermain Sandboarding. Gumuk Pasir Parangtritis Yogyakarta ini bisa dijadikan wisata yang menantang dan seru untuk kalian yang ingin merasakan bermain ski diatas pasir.
Selain untuk kegiatan Sandboarding Parangkusumo, tempat ini sering digunakan untuk tempat penelitian. Karena pemandangannya yang unik, tempat ini juga sering digunakan oleh para fotografer untuk tempat pengambilan gambar foto model, foto pre-wedding, dan sebagainya. Bahkan, Gumuk Pasir Yogyakarta juga sering digunakan untuk tempat syuting film, baik film berskala lokal, maupun film berskala internasional.

 Lokasi Gumuk Pasir :
Fenomena alam Gumuk Pasir Di Jogja ini memanjang sekitar 15,7 km dari Muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, DIY.

Rute Gumuk Pasir Parangkusumo :
Cara paling mudah adalah memulai perjalanan dari kota Yogyakarta. Cari saja arah ke selatan, lewat jalan Parangtritis. Memang Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo searah dengan jalan menuju pantai Parang Tritis. Kalau sudah berada di Jalan Parangtritis, untuk menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo tinggal lurus saja hingga kalian menemukan Pantai Parangtritis.
Jika tidak membawa kendaraan pribadi dapat naik angkutan umum dari terminal Giwangan trayek Jogja-Parangtritis.

Tiket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo :
Harga Tiket masuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo hanya Rp 4.000,- saja. Untuk parkir kendaraan motor Rp 2.000,- sedangkan parkir mobil Rp 3.000,-. Sedangkan harga untuk mencoba sandboarding adalah Rp. 200.000/orang (minimal 6 orang) dengan durasi 2 jam permainan. Dengan harga tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan keamanan yang terstandar seperti pengaman siku dan lutut, dan helm.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites